Tahukah Kamu Apa Itu Kampus Merdeka? Apa saja Programnya?

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempaatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

A. Keuntungan Mengikuti Program Kampus Merdeka
1. Kegiatan praktik di lapangan akan dikonversi menjadi SKS
2. Eksplorasi pengetahuan dan kemampuan di lapangan selama lebih dari satu semester
3. Belajar dan memperluas jaringan di luar program studi atau kampus asal
4. Menimba ilmu secara langsung dari mitra berkualitas dan terkemuka

B. Tujuan Program Merdeka Belajar
Tujuan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

C. Program Kampus Merdeka
1. Asistensi Mengajar Di Satuan Pendidikan
2. Magang
3. Membangun Desa (KKN Tematik)
4. Pertukaran Mahasiswa Merdeka
5. Proyek Kemanusian
6. Riset atau Penelitian
7. Proyek Independen
8. Wirausaha

Itulah program-program yang diadakan Kampus Merdeka yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka merupakan salah satu perwujudan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang sangat esensial. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Melalui program merdeka belajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, maka hard dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat.

 

Adapun untuk info lebih lanjut bisa hubungi kontak berikut ini :

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Telepon: 021 57946104

Pusat Panggilan ULT DIKTI 126

Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270

Info resmi :https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/