List Beasiswa Hafidz Qur’an Luar Negeri yang Bisa Kamu Coba

Sebagai bentuk apresiasi dari kecakapan menghafal Al-Qur’an, ada beberapa beasiswa studi ke luar negeri yang dikhususkan untuk hafidz Qur’an. Dengan mengikutinya kamu akan bisa belajar di kampus-kampus terkenal di luar negeri. Apa saja beasiswa hafidz Qur’an luar negeri yang bisa kamu daftarkan? Simak berikut ini.

1. Beasiswa Kemenag

Karena tingginya minat generasi muda untuk melanjutkan studi ke luar negeri, Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan kedutaan menyediakan beasiswa. Beasiswa S1 luar negeri tersebut tersedia untuk ke negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Maroko, Libanon, serta Sudan.

Sasaran beasiswa ini yaitu siswa-siswi yang telah lulus dari madrasah, SMA, atau sederajat yang ingin meneruskan pendidikannya. Alokasi kuotanya yaitu sebanyak 50 orang, dengan sebagian mendapatkan tempat di Universitas Al-Azhar Mesir dan sebagian lagi pada universitas di Maroko.

Seleksinya sendiri terdiri dari hafalan Qur’an minimal 2 juz, tes bahasa Arab, agama, serta kebangsaan. Beasiswa ini telah diadakan setiap tahunnya selama beberapa tahun ini. Sehingga, kemungkinan akan dibuka lagi di 2022. Umumnya, seleksi dilaksanakan di pertengahan tahun.

2. Beasiswa Al-Azhar Mesir

Selain melalui Kemenag, Kedutaan Besar Mesir di Indonesia juga sering menyediakan beasiswa tahfidz luar negeri. Tujuan utamanya adalah Universitas Al-Azhar Mesir. Seperti beasiswa dari Kemenag, program ini pun telah berlangsung selama beberapa tahun. Meskipun, sempat terhambat karena pandemi.

Kuota yang tersedia umumnya tidak banyak, hanya berkisar 20-30 orang. Pesertanya berupa santri dari berbagai pondok pesantren yang bermitra dengan Kedubes Mesir di Indonesia. Seleksi awal berupa menulis essay berbahasa Arab untuk topic yang telah ditentukan.

3. Beasiswa Universitas Islam Madinah

Apabila ingin memperdalam ilmu agama, pendidikan di Universitas Islam Madinah adalah salah satu pilihan yang tepat. Kampus ini juga menyediakan beasiswa untuk pelajar dari Indonesia. Jika ingin mengejar studi di kampus tersebut kamu harus fasih berbahasa Arab.

Demikianlah beberapa contoh beasiswa hafidz Qur’an luar negeri yang bisa kamu coba. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengecek laman petunjuk di masing-masing instansi pemberi beasiswa. Selamat berburu beasiswa! 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram