Lama Kuliah S1 Berapa Tahun? Ini Penjelasannya

Apakah kamu berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah? Sebagian orang mungkin bertanya-tanya waktu untuk menempuh kuliah S1 berapa tahun. Terlebih untuk yang sedang mempersiapkan dana untuk kuliah dan perencanaan hidup ke depannya. Kamu tak perlu bingung lagi, yuk simak bahasannya berikut.

Lama Waktu Studi Sarjana

Perlu kuliah berapa tahun hingga mendapat gelar sarjana atau S1? Pada umumnya, waktu yang kamu butuhkan berkisar 4 tahun yang terdiri dari 8 semester. 

Jika merupakan program ekstensi melanjutkan dari D3, maka bisa lebih cepat. Dapat berkisar 1 sampai 2 tahun, tergantung konversi SKS dan kurikulum prodi yang bersangkutan. 

Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mampu untuk lulus tepat waktu. Ada sebagian yang mengalami kesulitan seperti kendala dalam pengerjaan skripsi atau harus mengulang mata kuliah tertentu. 

Untuk itu, terdapat sedikit kelonggaran dari Kementrian Pendidikan. Masa perkuliahan boleh hingga maksimal 7 tahun atau 14 semester. Jika lebih, mahasiswa terpaksa harus mengalami drop out (DO) atau keluar dari perkuliahan. 

Aturan ini pernah diperketat oleh DIKTI menjadi maksimal 5 tahun pada kurikulum 2014. Ketentuan ini direvisi kembali menjadi maksimal 7 tahun di Permendikbud No. 3 Tahun 2020.

Bisakah Lulus Lebih Cepat?

Meskipun rata-rata 4 tahun, ternyata kamu bisa lulus lebih cepat loh. Lulus lebih cepat ada keuntungannya yaitu menghemat waktu dan biaya. Semakin lama berkuliah, kamu akan mengeluarkan biaya yang semakin banyak. Apalagi untuk semester 8 dan seterusnya yang umumnya hanya terdiri dari skripsi dan sidang.

Kuliah paling cepat berapa tahun? Paling cepat lulus perkuliahan S1 membutuhkan 3,5 tahun atau 7 semester. Jika ingin lulus cepat, sidang skripsi bisa kamu lakukan di akhir semester 7. Tentunya lulus lebih cepat dengan hasil memuaskan dapat menjadi kebanggaan tersendiri untukmu.

Tetapi, untuk dapat lulus cepat akan membutuhkan pengorbanan lebih. Tidak semua mahasiswa mampu melakukannya. Perjuanganmu akan lebih berat daripada teman-teman yang lain.

Kamu harus mengerjakan skripsi lebih awal dan mengambil SKS lebih banyak di semester-semester sebelumnya. SKS lebih banyak ini pun baru dapat diambil jika memiliki indeks prestasi yang baik di semester-semester yang kamu tempuh.

Nah itulah tadi pembahasan kuliah S1 berapa tahun. Yang mana pun pilihanmu, manfaatkan masa perkuliahan dengan maksimal. Karena ilmu dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan sangat berguna untuk ke depannya. Semangat, sobat-sobat Pemburu Beasiswa!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram