Kampus yang Membuka Beasiswa Hafidz Qur’an untuk Kuliah

Kini sudah semakin marak beasiswa prestasi yang bertujuan membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berprestasi. Di antaranya adalah beasiswa hafidz Qur’an. 

Ada berbagai macam beasiswa hafidz Qur’an, baik dari jenjang sekolah hingga perguruan tinggi. Apa saja universitas yang membuka program beasiswa hafidz qur’an? Ini di antaranya.

1. IPB

Salah satu universitas yang memberikan beasiswa S1 hafidz Qur’an adalah IPB atau Institut Pertanian Bogor. Beasiswa tersebut untuk mengapresiasi seleksi mahasiswa baru jalur prestasi dari penghafal Al-Qur’an. Jika mampu menghafal 30 juz maka apresiasinya akan setara dengan olimpiade internasional dan di bawah itu setara nasional.

Beasiswa ini diperuntukkan untuk lulusan SMA dan SMK dengan bidang kejuruan-kejuruan tertentu. Umumnya penerimaan mahasiswa jalur ini mencapai 10 hingga belasan orang.

2. ITS

Selain IPB, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga menyediakan beasiswa hafalan qur’an. Program ini terbuka untuk jalur SNMPTN serta jalur mandiri.

Apabila mampu menghafal al-Qur’an, mahasiswa penerima beasiswa akan dibebaskan dari uang Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Minimal pendaftar harus menguasai dan menghafal 10 juz.

3. UNS

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) pun menyediakan jalur hafidz qur’an untuk seleksi mahasiswa dan pendaftaran beasiswa. Untuk jalur beasiswa kuliah hafidz Qur’an di UNS, mahasiswa minimal menghafalkan 20 juz Qur’an.

4. UII

Di Universitas Islam Indonesia (UII) juga tersedia beasiswa serupa. Program ini terbagi menjadi beberapa kategori jumlah juz. Tiap pendaftar akan dites hafalannya oleh tim penguji dari universitas.

Apabila mampu menghafal 30 juz, kamu akan mendapatkan pembebasan dari biaya pendidikan, KKN, uang sumbangan, serta mendapat insentif uang saku setiap bulannya.

5. UNISBA

Demikian pula dengan Universitas Islam Bandung (UNISBA). Terdapat 2 macam beasiswa, khusus untuk yang sanggup hafal 30 juz dan yang kurang dari jumlah tersebut. Untuk penghafal 30 juz akan mendapatkan bebas biaya kuliah dari masuk hingga lulus perkuliahan.

Itu tadi beberapa contoh universitas yang memberikan beasiswa hafidz Qur’an. Masih banyak lagi kampus-kampus dengan beasiswa serupa. Jika masih sekolah juga bisa mencoba mencari beasiswa hafidz dari pemerintahan daerah masing-masing.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram