Daftar Kampus Pemberi Beasiswa Hafal Qur’an 5 Juz

Sebagai bentuk apresiasi, beberapa kampus memberikan beasiswa hafal qur’an 5 juz. Dengan adanya bantuan pendidikan ini, para hafidz Al Qur’an diharapkan dapat semakin semangat mengejar cita-cita.

Agar dapat melaju dalam jalur prestasi yang satu ini, kamu harus menunjukan bukti sertifikat penghafal qur’an, ya.

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya membuka kesempatan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi non akademik berupa kategori tahfidz Al Qur’an minimal 5 juz. Namun, itu bukan satu-satunya penilaian.

Prestasi hafalan harus dibuktikan dengan surat pernyataan telah selesai menghafal. Lain daripada itu, kamu juga harus memiliki nilai akademik rata-rata minimal 7.5 setiap semester.

Universitas Negeri Malang (UNM)

Beasiswa kuliah jalur tahfidz 2021 bisa kamu dapatkan di Universitas Negeri Malang. Walaupun tidak menyebutkan minimal berapa juz Al Qur’an, namun calon penerima beasiswa harus memiliki prestasi tingkat provinsi dari lembaga kredibel dalam tiga tahun terakhir.

Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)

Unimus membuka peluang seleksi penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian tertulis bagi para penghafal qur’an. Unimus akan menyediakan beasiswa hafal qur’an 5 juz 2021.

Untuk dapat lulus seleksi beasiswa ini, kamu juga harus memiliki nilai rapor rata-rata minimal 7 dan melampirkan sertifikat hafalan minimal 5 juz Al Qur’an.

Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)

Dapatkan kebebasan dana pengembangan institusi dan potongan UKT sebesar 20% jika kamu memiliki hafalan Al Qur’an minimal 5-10 juz. Kuota beasiswa yang Unissula berikan bergantung dari masing-masing fakultas dan tidak berlaku untuk prodi kedokteran umum dan kedokteran gigi.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY menjamin masa perkuliahan selama 4 tahun bebas biaya bagi pemilik sertifikat hafalan minimal 5 juz Al Qur’an dari lembaga yang berwenang. Untuk melihat perkembangan yang ada, UMY akan lakukan evaluasi setiap semester.

Untuk keberlanjutan penerimaan beasiswa, maka kamu harus memiliki IPK minimal 3 untuk prodi sosial dan minimal 2.75 untuk prodi eksakta. Selain itu, kamu harus menambah jumlah hafalan dan aktif dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Itulah kampus pemberi beasiswa hafal qur’an 5 juz yang bisa kamu jadikan referensi. Semakin banyak hafalan yang kamu punya, semakin besar peluang beasiswa yang kamu dapat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram