Cara Mendapat Beasiswa Fakultas Kedokteran Impian

Tingginya biaya operasional pendidikan fakultas kedokteran jangan sampai menyurutkan cita-citamu. Ada banyak cara mendapat beasiswa fakultas kedokteran. Asalkan kamu mau berusaha.

Tawaran beasiswa yang bisa kamu dapatkan pun beragam. Mulai dari beasiswa penuh maupun beasiswa sebagian. Namun, kamu harus memenuhi syarat agar bisa mendapat beasiswa.

Dapatkan Surat Rekomendasi

Adakah beasiswa kedokteran? Ada. Beberapa instansi membubuhkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat beasiswa. Kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi dari dekan fakultas atau pihak berwenang lainnya.

Berprestasi

Ingin tahu bagaimana cara mendapat beasiswa fakultas kedokteran di UGM, UI ataupun lainnya? Pastikan kamu berprestasi dengan nilai IPK minimal 2.75-3.00, tergantung kebijakan masing-masing lembaga atau instansi pendonor.

Aktif Organisasi

Keaktifan kamu dalam organisasi ekstrakurikuler menjadi nilai tambah disisi tim seleksi beasiswa. Tidak harus berjibaku di semua ranah, cukup minimal aktif dalam satu organisasi.

Menyiapkan Esai Original

Beberapa penyedia beasiswa akan meminta kamu untuk menuliskan esai beberapa halaman folio sesuai dengan tema yang mereka minta. 

Menyiapkan Surat Keterangan Tidak Mampu

Semua beasiswa memiliki persyaratan yang berbeda. Mungkin akan ada yang meminta surat keterangan tidak mampu (SKTM) untuk validasi.

Menyetujui Semua Peraturan

Ini adalah salah satu hal yang krusial. Karena jika kamu melanggar apa yang telah disepakati bersama, maka beasiswa terancam dicabut. Misal, penyedia akan menghentikan beasiswa jika syarat minimal IPK tidak terpenuhi.

Bersedia Menjalani Ikatan Dinas

Tidak jarang penyedia beasiswa meminta adanya perjanjian ikatan dinas. Jika lulus nanti, kamu harus bersedia ditempatkan di mana saja sesuai dengan lokasi yang mereka tetapkan.

Kamu dapat memperoleh beasiswa dari lembaga pemerintah seperti beasiswa Bidik Misi dan LPDP yang terdiri dari beasiswa afirmasi dan umum. Selain itu, kamu juga dapat mengajukan beasiswa ke perusahaan swasta seperti Sampoerna Foundation, beasiswa BI, Pembangunan Jaya dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa dari kampus itu sendiri. Misalnya saja kampus UI yang menyediakan beasiswa dan skema Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB).

Cara mendapat beasiswa fakultas kedokteran memang membutuhkan cukup banyak berkas dan persiapan. Namun, hasilnya tentu akan sepadan. Yuk, perhatikan dan persiapkan dari sekarang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram