Apa Saja Beasiswa yang Bisa Double dengan Bidikmisi? Cek di Sini

Bantuan biaya pendidikan bidikmisi memang dapat meringankan beban ongkos pendidikan. Namun terkadang, masih ada beberapa kebutuhan studi yang belum tercover. Bisakah mendaftar beasiswa lain ketika sedang menerima bidikmisi? Dan apakah beasiswa yang bisa double dengan bidikmisi? Simak berikut ini.

Bolehkah Mengambil Beasiswa Lain?

Mungkin teman-teman bertanya-tanya, apabila telah menjadi penerima bidikmisi mungkinkah ambil beasiswa lain. Ada berbagai pendapat yang melarang dan memperbolehkan. Namun, ternyata dari Dikti sendiri mengizinkan, loh.

Menurut Ristekdikti, kamu boleh mendaftar beasiswa lain double dengan bidikmisi. Syaratnya selama beasiswa lain tersebut sumber dananya bukan berasal dari APBN. 

Selain itu, harus memperhatikan juga persyaratan pada beasiswa lain tersebut. Karena beberapa beasiswa tidak membuka untuk yang sudah mendapatkan bidikmisi.

Beasiswa-Beasiswa yang Dapat Double Bidikmisi

Tidak semua beasiswa mengizinkan penerima yang telah mendapat beasiswa lain. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendaftar sebaiknya memperhatikan persyaratannya dengan seksama. Ada beberapa beasiswa yang bisa double dengan bidikmisi, di antaranya:

1. Beasiswa Sejuta Cita

Sejuta Cita adalah aplikasi bertemakan pendidikan yang berisi informasi beasiswa, webinar, dan event-event akademis maupun kemahasiswaan. Setiap tahunnya, Sejuta Cita juga membuka pendaftaran beasiswa. Beasiswa Sejuta Cita bisa kamu terima bersamaan dengan beasiswa lain baik swasta maupun dari pemerintah seperti bidikmisi.

Ada beberapa kategori beasiswa untuk mahasiswa dan untuk pelajar. Masing-masing terdiri dari kategori kurang mampu dan berprestasi. Pemberian beasiswanya sendiri sebesar hingga 5 juta rupiah per semester untuk kuliah dan 2,5 juta rupiah untuk pelajar SMP dan SMA atau sederajat. 

2. Beasiswa Astra

Selain Sejuta Cita, Astra juga menyediakan beasiswa yang bisa kamu coba meskipun kamu telah menerima bidikmisi. Hanya saja, pada Beasiswa Astra tidak boleh sambil menerima beasiswa dari perusahaan lain.

Untuk jenjang S1, kamu bisa mengambil Beasiswa Astra 1st. Tujuan beasiswa ini yaitu untuk mahasiswa Teknik, Ekonomi, dan Bisnis yang berada di Pulau Jawa. Pemberiannya juga di setiap semester dengan besaran hingga 5 juta rupiah. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pembinaan dari pihak Astra.

3. Beasiswa Baznas

Beasiswa yang bisa berbarengan dengan bidikmisi lainnya adalah beasiswa dari Baznas. Ini diperuntukkan untuk mahasiswa di 101 universitas yang bermitra dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Program ini terbagi menjadi 3, yaitu beasiswa untuk Studentpreneur Muda, Aktivis Muda, dan Teladan Muda.

Itulah beberapa contoh beasiswa yang bisa double dengan bidikmisi. Masih banyak beasiswa lain yang juga bisa double, misalnya beasiswa dari kabupaten atau daerah dan beasiswa-beasiswa perusahaan. Selamat berburu beasiswa!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram