Cara Mendapatkan Kuliah Gratis di Jogja

Bagi kamu yang bermimpi ingin kuliah di Jogja, sekarang kamu juga bisa mencoba mendaftarkan diri di berbagai program kuliah gratis di Jogja. Baik calon mahasiswa ataupun mahasiswa aktif, terdapat berbagai jenis beasiswa kuliah di Jogja yang dapat kamu ikuti tiap tahunnya. Berikut penjelasan singkatnya!

Beasiswa di Jogja untuk Calon Mahasiswa

Jika kamu sudah hampir menyelesaikan sekolah jenjang SMA, persiapkan dirimu untuk mencoba daftar kuliah gratis di Jogja berikut.

Beasiswa LPDP Dalam Negeri

LPDP merupakan salah satu beasiswa pemerintah yang sudah sangat terkenal di kalangan para pencari beasiswa. LPDP juga menyediakan program beasiswa full S1 dalam negeri. Jika tertarik, pilih universitas di Jogja yang bekerja sama dengan LPDP dan daftar serta lengkapi persyaratannya.

Beasiswa Bidikmisi

Selain LPDP, program beasiswa S1 lain dari pemerintah yakni bidikmisi. Beasiswa ini ditujukan  untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang kuliah namun terkendala biaya. Jadi, untuk yang masih bingung mendapatkan beasiswa kuliah di Yogyakarta, kamu wajib coba beasiswa ini!

Beasiswa dari Universitas

Sudah menentukan universitas pilihan  di Jogja? Kunjungi situs web resmi masing-masing universitas dan cari tahu tentang beasiswa yang universitas tersebut sedang tawarkan.

Tidak hanya melalui nilai rapor, beberapa beasiswa juga memerlukan tes agar berkesempatan mendapatkan beasiswa seperti potongan biaya kuliah hingga daftar kuliah gratis di Jogja.

Beasiswa di Jogja untuk Mahasiswa Aktif

Untuk mahasiswa aktif yang sedang berkuliah di Jogja, prestasi akademik menunjukkan peningkatan untuk dapat mendapatkan kesempatan yang lebih bagus ketika mendaftar beasiswa.

Selain itu, prestasi lain di luar bidang akademik juga akan sangat membantu dalam seleksi kandidat penerima beasiswa. Berikut beasiswa pilihan yang dapat kamu ikuti.

Beasiswa  Kopertis PPA dan PPA-BPP

Setiap tahunnya, lembaga Dikti menyediakan beasiswa berupa uang saku bulanan selama satu tahun kepada mahasiswa aktif. Untuk mengikuti beasiswa ini, persyaratan utamanya adalah minimal sudah menempuh 2 semester di jenjang perkuliahan.

Beasiswa tersebut terdiri dari beasiswa PPA dan PPA-BPP. Beasiswa PPA adalah beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik sedangkan beasiswa PPA-BPP untuk mahasiswa kurang mampu.

Djarum Beasiswa Plus

Tidak hanya mendapatkan biaya bantuan untuk perkuliahan, jika kamu berhasil mendapatkan Djarum Beasiswa Plus, kamu juga berkesempatan mendapatkan pelatihan soft skills. Pelatihan ini nantinya akan sangat penting untuk bekal di dunia pekerjaan ataupun studi lanjut.

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan kuliah gratis di Jogja melalui beasiswa. Catat tanggal pendaftaran beasiswa yang akan kamu ikuti, pelajari persyaratannya dan lakukan persiapan semaksimal mungkin. Semoga beruntung!

 

Sumber:

https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami