3 Cara Kuliah di Luar Negeri Gratis dan Mudah

Banyak yang bermimpi bisa kuliah di luar negeri, tapi terhalang permasalahan ekonomi. Jangan mau kalah dengan keadaan. Ada beberapa cara kuliah di luar negeri gratis yang bisa kamu dapatkan.

Kuliah di luar negeri tentu hal yang membanggakan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga. Yuk, langsung saja simak caranya.

Beasiswa

Cara mendapatkan kuliah gratis di luar negeri adalah dengan daftar beasiswa. Ada banyak pihak yang menyediakan beasiswa. Misalnya saja beasiswa dari pemerintah seperti beasiswa Kemenag, LPDP, DIKTI dan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa negara maju atau donor juga memberikan beasiswa untuk pelajar. Adapun diantaranya seperti beasiswa GREAT dari British Council, beasiswa Australia Award, beasiswa Fulbright, dan lainnya.

Tentukan pilihan beasiswa dengan cermat. Apakah institusi atau lembaga tersebut memberikan beasiswa penuh (full scholarship) atau hanya menanggung sebagian saja (partial scholarship).

Pertukaran Pelajar

Bagaimana cara agar bisa kuliah di luar negeri? Pertukaran pelajar solusinya. Pertukaran pelajar sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman belajar di negeri orang.

Namun, pastikan kamu memiliki nilai akademis yang bagus, berprestasi dan aktif, ya! Agar kamu lulus seleksi pertukaran pelajar.

 

Kelas Musim Panas (Summer Course)

Salah satu cara daftar kuliah gratis di luar negeri yaitu mengikuti summer course yang bertujuan agar mahasiswa dapat pengalaman tinggal di negara tersebut.

Walau kamu tidak mendapatkan gelar dari kelas musim panas, dan khusus untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan, namun kamu pasti akan memperoleh pengalaman yang luar biasa.

Lain dari itu, kamu akan mendapat sertifikat dari kelas yang hanya berlangsung selama 1-6 bulan tersebut. Tentunya sertifikat tersebut akan sangat berguna untuk seleksi beasiswa mendatang.

Mana pun cara kuliah di luar negeri gratis yang kamu pilih, pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik. Persiapan yang kamu butuhkan harus dimulai dari personaliti yang baik, aktif dan berprestasi. Sekali lagi, jangan mau kalah dengan faktor ekonomi, karena banyak jalan menuju kuliah di luar negeri.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram